hidupsehat22 Blog ~ Tidur merupakan aktivitas rutin
yang di lakukan oleh setiap manusia untuk
mengistirahat pikiran dan tenaga yang mereka
miliki. Sehingga ketika bangun, stamina yang
dimiliki akan pulih seperti sedia kala. Seperti
yang kita ketahui, malam merupakan waktu
yang tepat untuk melakukan aktivitas tidur
untuk menjaga kesehatan tubuh atau fisik. tap banyak sebagian dari kita yang sering
melakukannya pada siang hari atau lebih di kenal dengan tidur siang. Lalu, manfaat apa
saja yang dapat kita peroleh dari tidur siang tersebut….???

Mungkin tak banyak orang yang mengetahui bahwa tidur siang yang kita lakukan banyak sekali bermanfaat bagi kesehatan anda. Untuk itulah, perlunya tips kesehatan mengupas tentang berbagai manfaat tidur siang tersebut. Sehingga pembaca lebih memiliki informasi yang mungkin sangat berguna bagi kesehatan tubuh anda. Berikut ini manfaat luar biasa tidur siang bagi kesehatan anda :

1. Meningkatkan Daya Ingat Otak. Tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya ingat otak anda. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang dalam wakut 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak anda.


2. Meningkatkan Produktivitas Kerja. Tidur siang ternyata mampu meningkatkan
produktivitas kerja anda. Oleh karena itulah, bagi anda yang sering mengalami kecapekan tenaga dan pikiran setelah bekerja di sarankan untuk tidur siang agar produktivitas kerja anda meningkat.


3. Mencegah Insomnia. Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia atau gejala susah tidur. Sebuah penelitian yang
dilakukan pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang akan membuat penderita insomnia jadi lebih bugar. Ini dikarenakan total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.


4. Menurunkan Stres. Tidur siang ternyata membantu menurunkan tingkat stress yang anda miliki. Sebuah penelitian
menunjukkan bahwa hormon stress secara
dramatis akan mengalami penurunan setelah anda melakukan tidur siang bagi anda yang semalam tidurnya kurang begitu nyenyak dan lelap.

5. Menyehatkan Jantung. Tidur siang
ternyat mampu mencegah penyakit jantung. Jika anda melakukan tidur siang pendek selama 20-40 menit setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke. Sebuah penelitan yang dilakukan oleh orang Yunani menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang selama 30 menit selama 3 kali sehari dalam waktu seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 37 persen. berdasarkan penelitan tersebut, tidur siang yang sehat yaitu antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Karena jika lebih dari waktu tersebut akan menyebabkan kepala berat ketika anda terbangun.

Demikianlah tips kesehatan yang mengulas manfaat luar biasa tidur siang bagi kesehatan anda. Sudahkah anda tidur siang hari ini. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. 🙂

Iklan