hidupsehat22 Blog ~ Tidur setelah sahur memang sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar umat muslim. Bangun untuk makan sahur ketika mata masih mengantuk merupakan tantangan bagi setiap muslim yang ingin berpuasa. Tapi meskipun berat, tetep harus dilakukan.
Sebab makan sahur merupakan kunci penting bagi ketahanan kita untuk sampai waktu berbuka.

Banyak orang yang setelah makan sahur langsung tidur kembali. Bahkan banyak yang kemudia melalaikan sholat subuh. Kebiasaan buruk ini ternyata berdampak bahaya bagi kesehatan. Inilah bahaya tidur saat sahur yang jarang sekali diketahui oleh umat
islam.

1. Perut membuncit


Dampak terburuk dari tidur setelah makan sahur adalah perutmu akan semakin membuncit. Jangan langsung pegang perut yah. Kita maksudnya gak menyindir kok, tapi menghina. Hehehe

Menurut Dr. Pramono ahli gizi dari RSUD Ulin
Banjarmasin, langsung tidur setelah makan sahur akan membuat tubuh kita hemat energi, sehingga menimbun lemak di perut. Jadinya perut maju pantat mundur deh.

2. Berat badan meningkat


Meskipun kamu puasa selama 30 hari bukan berarti berat badanmu akan langsung menurun. Malahan berat badanmu bisa bertambah. Masih berhubungan dengan poin diatas. karena lemak di tubuhmu menumpuk, akhirnya berat badan kamu malah meningkat gara-gara tidur setelah sahur.

3. Menimbulkan gangguan pencernaan


Pada dasarnya, isi perut / lambung akan kosong kembali setelah 2 jam setelah kita makan. Nah bila setelah makan kita lansgsung berbaring, maka proses pencernaan akan terganggu. Hal ini akan mengakibatkan gangguan pencernaan seperti sembelit atau mencret.

4. Meningkatkan resiko stroke

Kamu pasti gak pernah nyangka kan, kalau tidur setelah sahur malah bisa bikin kamu kena penyakit berbahay kayak stroke. Berdasarkan penelitian, orang yang memliki jarak waktu antara makan dan tidur paling sedikit mempunyai kemungkinan terkena
stroke lebih tinggi.

5. Menyebabkan refluks


Apa sih refluks itu om greg? Refluks itu adalah suatu kondisi dimana makanan yang belum dicerna bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan karena pengaruh gravitasi. Refluks dapat menyebabkan luka pada kerongkongan engan rasa mulut seperti terbakar dan lidah terasa pahit.

Udah pada tahu kan bahayanya tidur setelah sahur Nah daripada tidur, mendingan setelah sahur kita baca Al-quran atau berdzikir, kan lumayan nambah pahala
di bulan penuh berkah. 🙂

Iklan