hidupsehat22 Blog ~ Berpuasa menahan lapar dan dahaga pada siang hari perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi makan bagi tubuh pada saa berbuka dan sahur. Saat berbuka maupun
sahur tidak haru mahal dan mewah, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap
seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Selain mudah mengantuk dan badan menjadi. lemas, menu berbuka dan sahur yang kurang sehat juga bisa membuat kadar kolesterol melonjak. Untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan berstamina selama
menjalani puasa, simak tip menu berbuka
dan sahur berikut ini:

Tips Saat sahur:

Utamakan air, vitamin, dan elektrolit.
Artinya, minum air putih dan buah-buahan, atau jus buah tanpa gula. Air kelapa juga boleh. Caranya minum air kelapa dulu, dan karena sifat elektrolit di air kelapa , maka kita akan masih merasa haus baru dilanjutkan dengan minum air putih. Ketika tidur tubuh kita kehilangan berat 1-2 kg, dan itu adalah air. Jadi memulai puasa dengan restorasi cairan adalah langkah yang baik. – Pilih menu
utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini lebih “tahan lama” dalam membuat gula darah stabil, sehingga mood menjadi relatif lebih baik.

Jangan lupakan serat, baik dari sayur atau buah. Selain membersihkan usus, serat
adalah “sapu alami” yang membantu membersihkan sisa daging di sela- usus.
Pilih lemak sehat atau minyak yang tidak
digoreng, seperti zaitun, minyak kelapa atau flaxseed oil. Misalnya dalam bentuk sambal. Lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga lebih tahan lapar. Akan tetapi kalau diasup minyak gorengan, baik dari makanan siap saji yang dibeli semalam sebelumnya, atau menggoreng langsung, maka kita memasukkan radikal bebas ke dalam tubuh kita. Akibatnya manfaat puasa secara fisiologis berkurang.

Tips Saat Berbuka

Minum yang manis alami tanpa gula. Air kelapa, jus buah melon atau semangka dan buah lainnya. Hindari gula pasir karena akan
menyebabkan efek yoyo pada timbangan
nantinya di hari Raya, dan memberi dampak kesehatan yang kurang baik Karbohidrat kompleks akan lebih baik plus makanan yang tidak digoreng. Nasi putih, dan makanan gorengan akan membuat ngantuk saat tarawih. Gorengan mengikat oksigen darah sampai 20% Pasca buka puasa, konsumsi lagi air putih. Usahakan mulai buka puasa sampai tidur minimal masuk air 1 liter.


Contoh menu sahur sehat

– Masi merah dengan soto ayam, sambal minyak zaitun dan buah pisang.

– Bubur kacang hijau dengan gula aren dan telur setengah matang dengan 3 putih telur dan 1 kuning telur. Buah jeruk.

– Bubur oatmeal dengan telur rebus dan irisan tomat buah.

– Sandwich, roti gandum dengan butter atau
selai kacang. Telur setengah matang 3 putih dan 1 kuning. Buah pepaya.


Contuh menu berbuka puasa

– Nasi merah dengan sate ayam, buah pisang.

– Nasi merah dengan soto ayam, buah jeruk

– Spaghetti dengan saus tuna dan salad buah.

Semoga Bermanfaat šŸ™‚

Iklan